Ceria Outbond Sembari Menikmati Alam

SINAR matahari terasa lembab menyentuh kulit. Teriknya pupus oleh belaian angin Gunung Merapi dan Singgalang yang dipantulkan oleh terjalnya tebing Ngarai Sianok hingga ke pipi.

Ngarai Sianok adalah sebuah lembah terjal yang berada sekitar 100 meter di bawah , Kota Bukittinggi, Sumatra Barat (Sumbar). Selama ini, kecantiknya lebih sering dipandang dari Panorama di ketinggian.

Namun, siang itu, sekitar pertengahan Januari 2006, 60-an pegawai Bank BNI Cabang Balige, Sumatra Utara, turun ke sana dan menyusuri dasar lembah yang dialiri aliran bening air gunung.

Para karyawan tersebut tengah mengikuti wisata outing yang digelar Hotel Novotel Coralia, Bukittinggi. Nyanyian kecil dan keceriaan masih terdengar ketika medan yang dilalui masih ‘bersahabat’.

Ketika rute diarahkan mendaki ke Nagari Koto Gadang di atas ngarai, keluhan di sana- sini mulai terdengar. Apalagi, ketika harus turun naik menerobos hutan yang tumbuh di tanah curam.

Dibutuhkan kerja sama tim untuk melalui rute tersebut. Apa lagi ketika mengikuti berbagai games di posko-posko yang dilewati. “Ini bisa melatih kerja sama tim yang nanti bisa diterapkan di dunia kerja,” kata Djulkarnain, general manajer Hotel Novotel kepada Media Indonesia.

Sepekan sebelumnya, sekitar 160 km di arah tenggara, di pinggir Danau Diatas yang cantik, puluhan pegawai Bank BNI Cabang Padang terlihat serius mengikuti permainan outbond yang digelar agen travel ‘Sumatra and Beyond’.

Sebuah kelompok yang terdiri dari belasan karyawan tampak sibuk memindahkan bola-bola kecil dengan pipa bersambung-sambung. Yang lain terlihat memindahkan air dengan gelas, ke sebuah galon. Namun, mereka diberi rintangan-rintangan yang menyulitkan permainan itu. Keceriaan berbaur dengan kekesalan terdengar di tiap-tiap tim.

“Permainan ini untuk melatih kekompakan, leadership dan konsentrasi. Bukan hanya sekedar permainan. Setelah games, para peserta diberi materi manajemen untuk menerjemahkan permainan tadi. Sejak direksi hingga ke jajaran terendah, semuanya punya hak dan kewajiban yang sama dalam pelatihan ini,” kata Direktur Sumatra and Beyond Ridwan Tulus.

Tak hanya sekedar itu, sama halnya dengan di Ngarai Sianok, outbond di Danau Diatas juga sembari berbaur dengan alam yang cantik. Di sela-sela pohon hijau di balik danau, terlihat Gunung Talang berdiri kokoh di kejauhan. Di kakinya, menghampar kebun teh yang luas dan Danau Dibawah, kembaran Danau Diatas.

Outbond merupakan metode pelatihan manajemen organisasi dan pengembangan diri di alam terbuka yang saat ini sedang tren di kalangan kaum usahawan dan perbankan. Pelatihannya, disimulasikan melalui permainan untuk meningkatkan motivasi, percaya diri, kreatifitas, kebersamaan dan saling percaya pesertanya. Outbond skalanya lebih besar dan lengkap, sementara outing lebih pendek dengan materi lebih padat.

Berbagai perusahaan dan bank di Indonesia, rata-rata sudah membuat kegiatan ini dalam program mereka. Sembari libur mengendorkan otak, bisa juga berolah raga dengan permainan yang diikuti.

Kelebihan outbond maupun outing di Sumbar, adalah lokasinya di tengah alam yang tak diragukan lagi keindahannya. Anda punya banyak pilihan. Di Ngarai Sianok yang memukau, atau di Danau Diatas – yang kata Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik – lebih cantik dari Swiss? (Hendra Makmur)

~ oleh hendramakmur pada 19 April 2008.

Satu Tanggapan to “Ceria Outbond Sembari Menikmati Alam”

  1. Masukanlah link PadangKini.com biar mantap!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: