Tempat-Tempat Wisata Utama di Sumbar

Bukittinggi

Di kota yang berjarak sekitar 90 km di utara Kota Padang itu , ada terowongan bekas markas tentara Jepang yang kini menjadi objek wisata ‘Lubang Japang’. Juga, bisa menikmati panorama Ngarai Sianok dilatarbelakangi Gunung Singgalang, benteng Ford De Kock dan jam gadang yang terletak di pusat kota.

Bukittinggi juga merupakan kota belanja yang seru. Selain ada perhiasan dan kerajinan dari perak, di sini juga banyak ditemukan beragam songket. Untuk makanan, terdapat pilihan yang menggiurkan seperti nasi kapau, kerupuk sanjai, lamang tapai, bika, dan beragam makanan enak lainnya.

Lembah Anai dan Padang Panjang

Di lokasi yang terletak di pinggir jalan Padang-Bukittinggi tersebut, terdapat air terjun hampir setinggi 100 meter serta panorama lembah Anai yang menyejukkan mata. Tak jauh dari sini, di Kota Padang Panjang ada perkampungan Minangkabau yang menggambarkan kehidupan di nagari-nagari Sumbar tempo dulu. Makanan khas Padang Panjang seperti sate dan ketupat Pitalah amat nikmat disantap dalam cuaca sejuk.

Maninjau dan Puncak Lawang

Danau Maninjau terletak di Kabupaten Agam sekitar 36 km ke arah barat dari Bukittinggi. Menuju ke danau yang dikurung bukit barisan tersebut, harus melewati jalan berliku naik dan turun. Ruas yang paling terkenal adalah Kelok 44 dengan tikungan tajam sebanyak 44 kali. Dari sini, bisa dilihat panorama Danau Maninjau yang bak lukisan dari ketinggian. Maninjau juga bisa dinikmati dari Puncak Lawang, bukit tertinggi yang melingkung Maninjau. Dari puncak tersebut, tiap tahun juga sudah diagendakan olah raga paralayang yang diikuti wisatawan mancanegara dan domestik. Di pinggir danau Maninjau, banyak tempat makan yang menyediakan makanan hasil danau seperti asin pensi (tumis kerang kecil) dan palai rinuak (kukus ikan kecil khas Maninjau).

Danau Kembar

Danau Diatas dan Danau Dibawah, terkenal juga sebagai danau kembar, karena letaknya yang berdekatan di Kabupaten Solok, sekitar 70 km di arah tenggara Kota Padang. Dengan kebun teh di sepanjang jalan, cuaca sejuk dan panorama yang indah, tak salah jika Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik menyebut lokasi ini, lebih indah dari Swiss. Selain menjual keindahan, di lokasi ini bisa dibeli buah markisa, khas Kabupaten Solok.

Harau

Panorama Harau di Kabupaten Limapuluh Kota, sekitar 40 km di timur Bukittinggi atau sekitar 130 km di timur laut Kota Padang ini adalah kawasan yang dikelilingi bukit terjal dengan pemandangan yang sangat indah. Di sini, ada kolam pemandian, penginapan dan juga air terjun.

Istano Pagaruyung

Terletak di Kabupaten Tanah Datar, sekitar 100 km di arah timur laut Kota Padang atau sekitar 30 km di timur Kota Padang Panjang. Selain bisa melihat istana yang megah, Anda bisa mengunjungi situs-situs budaya seperti batu bertulis peninggalan kerajaan Pagaruyung di masa lalu.

Kepulauan Mentawai

Kepuluan Mentawai bisa ditempuh dengan kapal dari Pelabuhan Bungus atau Pelabuhan Muaro, Padang selama empat jam dengan kapal cepat atau 10 jam dengan kapal biasa. Selain ada puluhan lokasi yang bagus untuk surfing di sekitar Pulau Siberut, Sipora, Pagai Utara dan Pagai Selatan, Anda juga bisa tracking masuk ke hutan Siberut untuk menyaksikan kehidupan asli masyarakat pedalaman Siberut.

Pesisir Selatan

Bagi yang menyukai wisata pantai, Pesisir Selatan bisa menjadi alternatif pilihan yang layak dipertimbangkan. Di kawasan yang berjarak sekitar 70 km di selatan Kota Padang tersebut terdapat Teluk Mandeh, Jembatan akar di kecamatan Bayang, air terjun Timbulun di kecamatan IV Jurai, dan Pantai Carocok di Painan. Tak jauh dari pantai Mandeh, bisa menikmati kebeningan aliran sungai Gemuruh, yang mengalir dengan lembut dari kerapatan hutan di atasnya, langsung menuju lautan. Di depannya terbentang pulau Cubadak dengan resort Internasional, Paradiso Village, yang jarak tempuhnya hanya 10 menit dengan speed boat dari pantai Mandeh.

Padang

Kota transit ini juga menyediakan berbagai lokasi yang layak untuk dikunjungi. Selain bisa melihat sunset di Pantai Padang dan jembatan Siti Nurbaya Muaro, di Padang juga bisa melihat batu legenda Malin Kundang di Pantai Air Manis. Di Padang, Anda bisa membeli keripik balado khas Kota Padang. (HR)

Ditulis 22 Desember 2005

~ oleh hendramakmur pada 19 April 2008.

3 Tanggapan to “Tempat-Tempat Wisata Utama di Sumbar”

  1. Salamaik malam pak hendra .
    Di mano ambo bisa mancaliak foto-foto tampek-tampek wisata nan ado di nagari kito ? bia bisa pulo ambo print out kan dan untuk screen saver computer ambo . tarimo kasih …

  2. Malam Pak Deri… Sabananyo ambo punyo saketek koleksi foto, baik yg lah pernah dipublikasikan atau alun. Namun, mmg alun sempat ambo up load ka blog ko. Rencananyo, blog ko ka ambo lengkapi jo foto Pak. Utk smtaro Pak Deri bisa buka http://www.west-sumatra.com/ Banyak foto di siko. Dikelola oleh org2 yang berdedikasi utk pariwisata Sumbar.. Trmksh atas kunjungan ka blog ambo…

  3. cari di google banyak juo tuh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: