Dari Bandara Minangkabau ke Seputar Sumbar

MENUJU ke Kota Padang, dari Bandara Minangkabau bisa ditempuh dengan menggunakan bus khusus bandara seperti Damri dan Tranex, atau dengan taksi. Dari bandara, bus melayani dua rute, yakni Bandara – Lapangan Imam Bonjol yang menyusuri jalur barat Kota Padang serta Bandara – Simpang Aru yang melewati wilayah tengah Kota Padang.

Ongkos bus sebesar Rp17 ribu relatif jauh lebih murah dibandingkan dengan taksi yang mencapai Rp75 ribu untuk jarak yang sama. Jika ingin langsung ke Bukittinggi dari Bandara, harga taksi sekitar Rp200 ribu, tergantung kepintaran menawar.

Taksi di Sumbar, memang kurang tertib, karena tak mau memakai argo. Namun, dengan taksi waktu dan jarak akan lebih hemat, karena tak perlu lagi ke Padang yang berjarak sekitar 22 km ke arah selatan.

Jika ingin hemat uang, lebih baik ke Padang dahulu dengan bus bandara melalui jalur barat. Di sepanjang jalan tersebut, banyak sekali pilihan angkutan travel mini bus sejak harga Rp15 ribu sampai dengan Rp30 ribu yang berangkat hampir setiap menit ke Bukittinggi. Ongkos lebih murah lagi, jika Anda mengendarai bus umum yang hanya menarik ongkos Rp12 ribu menuju Bukittinggi.

Bila belum banyak mengetahui informasi pariwisata di Sumbar, lebih baik Anda transit dulu di Padang. Hotel berbintang sekelas Bumi Minang, Pangeran Beach dan Rocky Plaza bisa menjadi pilihan tempat menginap untuk yang punya dana lebih. Bagi yang ingin hemat, tersedia puluhan hotel kelas melati dan penginapan murah dengan harga rata-rata Rp100 ribu per malam.

Memilih Padang sebagai tempat transit amat strategis, karena dari sini tersedia angkutan bus atau mini bus travel ke seluruh daerah di seputar Sumbar. Selama di Padang, Anda bisa membeli peta wisata Sumbar dan mencari informasi tentang lokasi pariwisata yang dituju. Anda memang terpaksa ke toko buku, karena di Bandara Minangkabau belum tersedia tourist information service.

Sembari memilih, Anda bisa berjalan-jalan ke Pantai Padang yang indah dan makan jagung bakar di Jembatan Siti Nurbaya kala malam tiba. Jembatan ini tempat nongkrong yang strategis karena bisa menikmati pemandangan lampu-lampu yang indah dan menikmati kota pelabuhan tua. Jangan lupa juga membeli keripik ‘balado’ untuk cemilan selama berwisata.

Jika ingin beberapa hari berkeliling Sumbar, lebih hemat dan praktis jika menyewa mobil rental dengan harga sekitar Rp300 ribu per hari, belum termasuk sopir dan BBM

Bukittinggi direkomendasikan sebagai tujuan wisata berikutnya selama di Sumbar. Hal tersebut, bukan saja karena kesejukan dan keindahan alamnya yang memukau, tapi karena wisata makanan dan belanjanya yang relatif lebih lengkap.

Penginapannya, juga banyak pilihan. Sejak dari hotel melati hingga ke hotel bintang empat sekelas Novotel Coralia yang terletak di jantung Kota Bukittinggi, tak jauh dari jam gadang yang terkenal itu.

Di kota ini, masih terdapat beberapa lagi hotel berbintang hingga hotel melati yang memasang tarif di bawah Rp100 ribu per malam. Untuk hotel yang murah, tak terlalu sulit mencarinya. Sebagian besar, hotel-hotel tersebut berada di sekitar jam gadang.

Dari Bukittinggi, Anda bisa ke arah barat sekitar 25 km untuk menikmati Danau Maninjau di kala senja. Di kawasan Embun Pagi, ada Hotel Nuansa Maninjau Resort yang dibangun di ketinggian, sehingga bisa memandang danau Maninjau.

Dari Bukittinggi juga bisa ke arah timur sejauh 30 km, untuk menikmati keindahan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota. Bisa juga ke arah tenggara untuk melihat situs budaya Minangkabau dan Istano Basa, pusat kerajaan Pagaruyung di masa lalu.

Dari sana, sekitar 50 km ke arah selatan, Anda bisa menikmati pemandangan Danau Diatas dan Danau Dibawah serta hamparan kebun teh yang indah. Lokasi tersebut berada di Kabupaten Solok. Dari sini, Anda bisa langsung kembali ke Padang untuk menuju Bandara Minangkabau. (Hendra Makmur)

Ditulis 22 Desember 2005

About these ads

~ oleh hendramakmur pada 19 April 2008.

Satu Tanggapan to “Dari Bandara Minangkabau ke Seputar Sumbar”

  1. boleh tanya, berapa tarif taksi dari Bandara Minangkabau ke Solok? Selain taksi, kendaraan umum apa yang tersedia buat ke Solok? berapa tarifnya?

    Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: